Genshin Impact Raih Rekor Pendapatan $5 Miliar dalam Waktu Kurang dari 4 Tahun

Genshin Impact Raih Rekor Pendapatan $5 Miliar dalam Waktu Kurang dari 4 Tahun

Lantern Rite Festival in Genshin IMPACT-Foto:google/net-

Genshin Impact Raih Rekor Pendapatan $5 Miliar dalam Waktu Kurang dari 4 Tahun

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Genshin Impact, gim mobile asal China, mencatat sejarah baru sebagai gim mobile pertama di dunia yang berhasil meraih pendapatan sebesar US$5 miliar atau setara dengan Rp78,82 triliun (kurs Rp15.766) dalam kurun waktu kurang dari 4 tahun sejak diluncurkan.

Pencapaian luar biasa ini membuat Genshin Impact berhasil mengungguli beberapa gim populer seperti Candy Crush dan Honor of Kings.

Menurut laporan dari Game Observer, Genshin Impact mencapai rekor pendapatan tersebut hanya dalam 40 bulan sejak dirilis secara komersial.

Sebagai perbandingan, gim populer seperti Clash of Clans mencapai pendapatan US$5 miliar dalam 51 minggu pertamanya, Monster Strike dalam 52 minggu pertama, dan Honor of Kings dalam 55 minggu pertama.

BACA JUGA:Wall Street Menguat Meski Ketidakpastian Pemotongan Suku Bunga

Candy Crush Saga baru mencapai angka tersebut dalam 69 minggu, sementara Roblox dalam 151 minggu.

Genshin Impact juga mencatat prestasi sebagai salah satu gim dengan pemasaran terbaik, dengan sekitar 21 juta pemain yang mendaftar bahkan sebelum gim diluncurkan.

Meskipun hanya sekitar 80% dari mereka yang benar-benar mengunduh dan memainkan gim, Genshin Impact berhasil meraih pendapatan sebesar US$1 miliar dalam 6 bulan pertama dan US$2 miliar pada dua tahun pertama.

Pertumbuhan yang signifikan ini juga tercermin dari jumlah pemain Genshin Impact pada satu hari terakhir yang mencapai 584 ribu, serta pengguna aktif bulanan pada Januari 2024 yang mencapai 67 juta pemain.

BACA JUGA:Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian Naik, Cek Transaksi Perdagangan Hari Ini

Dugaan muncul bahwa lonjakan pemain ini dapat dikaitkan dengan peluncuran gim yang bertepatan dengan masa pandemi global.

Di Indonesia, Genshin Impact berhasil meraih popularitas tinggi, masuk dalam empat besar gim yang paling banyak diunduh di iPhone dan 20 besar gim yang paling banyak diunduh di Android. Ini menunjukkan dampak positif gim ini di pasar tanah air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: