Pendidikan Indonesia Mencapai Kemajuan Signifikan 20 Tahun Terakhir, Namun Tantangan Masih Besar

Pendidikan Indonesia Mencapai Kemajuan Signifikan 20 Tahun Terakhir, Namun Tantangan Masih Besar

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengungkapkan bahwa pendidikan di Indonesia telah mencapai kemajuan yang signifikan selama dua dekade terakhir. --

Bagi Indonesia, ini merupakan tantangan besar mengingat geografi negara yang luas dan populasi yang tersebar," ujar Sri Mulyani saat memberikan sambutan pada acara Inclusive Lifelong Learning Conference, pada Rabu (5/7).

 

BACA JUGA:Moeldoko Marah dan Ancam Pimpinan Ponpes Al Zaytun Terkait Dugaan Penistaan Agama

 

Sri Mulyani menjelaskan bahwa kemajuan ini berasal dari program pembangunan dan revitalisasi gedung sekolah melalui instruksi presiden (Inpres) yang dikenal dengan sebutan SD Inpres.

 

Pada tahun 2005, pemerintah meluncurkan program hibah langsung ke sekolah yang dikenal dengan dana BOS.

"Program ini bertujuan untuk membantu sekolah-sekolah di Indonesia dalam menyediakan sumber daya pendidikan yang lebih baik dan optimal.

Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan infrastruktur dan fasilitas, serta membeli peralatan multimedia guna mendukung kegiatan pembelajaran," jelasnya.

 

Selanjutnya, sejak tahun 2014, pelajar dari keluarga miskin dan rentan juga diberikan beasiswa melalui Kartu Indonesia Pintar.

Kartu ini memberikan bantuan tunai langsung untuk memastikan para pelajar, terutama yang berasal dari keluarga miskin dan rentan, dapat mengakses pendidikan formal.

 

"Pada tahun 2019, pemerintah juga meluncurkan program Merdeka Belajar Dengannya, yang memungkinkan para pelajar untuk memilih berbagai modul pembelajaran, termasuk yang terkait dengan dunia bisnis," tambahnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: