Manfaat Jambu Biji Merah untuk Ibu Hamil Bila di Konsumsi dengan Wajar

Manfaat Jambu Biji Merah untuk Ibu Hamil Bila di Konsumsi dengan Wajar

Manfaat jambu biji merah untuk ibu hamil. net--

SUMEKSRADIO.DISWAY.ID- Jika Anda sedang hamil, Anda harus mengubah pola makan Anda.

Dokter pasti merekomendasikan makan lebih banyak buah, sayuran, kacang-kacangan dan makanan sehat lainnya selama kehamilan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda.

BACA JUGA: Khasiat Konsumsi Jambu Biji Merah Secara Rutin Bagi Kesehatan dan Kecantikanmu

Anda mungkin sudah mengetahui hal ini dan sedang mencoba membuat pilihan makanan yang lebih sehat. Namun perlu diingat bahwa tidak semua yang baik untuk kesehatan aman  dikonsumsi selama masa kehamilan.  

Salah satu makanan terbaik untuk dimakan selama kehamilan adalah  jambu biji. Jambu biji  kaya akan serat, vitamin C dan asam folat. Untuk itu, banyak yang mengklaim bahwa buah ini dapat mendukung  kehamilan  yang sehat dan meningkatkan kesuburan.

BACA JUGA: Apakah Diabetes Bisa Disembuhkan? Simak Penjelasan Berikut

Suplemen yang terbuat dari buah dan daun, ekstrak, serta teh jambu biji  juga disebut-sebut memiliki manfaat serupa selama  kehamilan.

Artikel ini menjelaskan bagaimana Momjunction melaporkan manfaat jambu biji untuk ibu hamil.

  • Meningkatkan kekebalan

Manfaat jambu biji untuk ibu hamil yang pertama adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Jambu biji kaya akan vitamin C, yang memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Meningkatkan metabolisme dan imunitas melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi.

  • Menyeimbangkan tekanan darah

Manfaat kedua jambu biji untuk ibu hamil adalah membantu menyeimbangkan tekanan darah. Hipertensi dapat terjadi selama kehamilan.

Jambu membantu mengontrol tekanan darah  dan mencegah risiko seperti keguguran dan kelahiran prematur. Jambu biji kaya akan potasium, dan mengkonsumsi buah ini dapat membantu menjaga tekanan darah yang optimal dan mencegah lonjakan tekanan darah.

  • Mengatur gula darah

Manfaat ketiga jambu biji untuk ibu hamil adalah pengaturan gula darah. Diabetes gestasional adalah salah satu kondisi paling umum  selama kehamilan, terutama sekitar minggu ke-24 kehamilan.

Jambu biji memiliki kandungan serat yang tinggi dan karbohidrat kompleks, yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah  dan  mencegah diabetes gestasional.

  • Untuk mencegah sembelit dan wasir

Manfaat jambu biji yang keempat untuk ibu hamil  adalah pencegahan sembelit dan wasir. Sembelit dan wasir adalah salah satu masalah yang bisa terjadi selama kehamilan karena produksi hormon yang lambat.

Jambu biji berserat tinggi berperan penting dalam mencegah kondisi ini. Selain itu, kandungan serat jambu biji yang tinggi  memastikan aliran isi usus tepat waktu dan mencegah sembelit.

  • Memperbaiki pencernaan

Manfaat jambu biji yang kelima untuk ibu hamil adalah membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi jambu biji selama kehamilan dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Ini membantu mencegah masalah pencernaan seperti mulas dan mual.

Makan makanan alkali dianjurkan selama kehamilan karena  dapat mengurangi risiko hiperasiditas dan gastroesophageal reflux. Jambu biji bersifat basa dan membantu menyeimbangkan keasaman lambung. Mengkonsumsi jambu biji di antara waktu makan membantu menjaga dan menyeimbangkan pH lambung  dengan baik.

  • Mendukung perkembangan saraf  bayi

Jambu biji mengandung asam folat dan vitamin B9 yang mendukung perkembangan otak dan sistem saraf bayi Anda. Asam folat merupakan vitamin penting bagi ibu hamil dan untuk mencegah  cacat tabung saraf seperti spina bifida. Dianjurkan untuk mengkonsumsi jambu biji  matang  selama kehamilan.

  • Melawan bakteri dan infeksi

Jambu biji kaya akan vitamin C, E, karotenoid, isoflavonoid, dan polifenol yang dikenal karena sifat antioksidannya. Ini membantu melawan kuman dan infeksi dan mengurangi risiko penyakit.

  • Sumber vitamin B3 dan B6

Jambu biji juga merupakan sumber alami vitamin B3 dan B6 yang  baik, keduanya sangat penting untuk dimasukkan ke dalam makanan Anda selama kehamilan. Vitamin ini berkontribusi pada fungsi kognitif yang sehat. Selain itu, vitamin ini  meningkatkan kesehatan otak janin serta meningkatkan fokus dan  konsentrasi pada ibu hamil.

  • Mengatasi morning sickness

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: