Program TJSL di Laksanakan Demi Mengatasi Populasi Ikan Belida Terus Menurun di Sumatera Selatan!

Program TJSL di Laksanakan Demi Mengatasi Populasi Ikan Belida Terus Menurun di Sumatera Selatan!

Program TJSL di Laksanakan Demi Mengatasi Populasi Ikan Belida Terus Menurun di Sumatera Selatan!-Foto: google/net-

Kolaborasi ini merupakan yang pertama kali dilakukan dan berhasil meraih Rekor MURI sebagai Kolaborasi Pemangku Kepentingan Pertama untuk Penyelamatan Plasma Nuftah Ikan Belida pada September 2021.

Saat ini, jumlah Chitala lopis indukan mencapai 85 ekor, G1 remaja 13 ekor, G1 benih 16 ekor, dan Belida Jawa/Putak (Notopterus notopterus) sebanyak 1.154 ekor.

BACA JUGA:Mengatasi Tantangan Kesehatan: Pj Bupati Banyuasin Berkoordinasi & Silaturahmi dengan Menkes RI

BACA JUGA:Menjajaki Potensi Ekonomi Daerah! Pj. Bupati Banyuasin Terima Kunjungan Kerja Deputi Kemenko Perekonimian RI

Program ini juga mengembangkan perkawinan semi-buatan dan inovasi kriokonservasi bank semen ikan belida lopis dan ikan belida jawa.

Program domestikasi ikan belida ini sangat penting dalam menjaga keanekaragaman hayati dan restocking populasi ikan belida ke alam.

Cita-cita besar Pertamina adalah secara bertahap ingin mengembangkan ikan belida menuju konservasi in-situ yang berujung pada meningkatnya populasi ikan belida sehingga bisa keluar dari status hewan dilindungi secara penuh.

Untuk itu, saat ikan belida sudah masuk G2 maka upaya konservasi ini harus dapat ditransfer dan dilakukan oleh masyarakat pembudidaya ikan.

BACA JUGA:Strategi Bersama Mengendalikan Inflasi: Komitmen High Level Meeting TPID Se-Sumatera Selatan

BACA JUGA:Mengupas Tuntas Proses Berperkara di Pengadilan Agama: Ketua Hadir Talkshow di Radio Sumeks Banyuasin, Simak!

Dukungan masyarakat dalam pelestarian ikan belida sangat krusial agar upaya ini berhasil dan kelestarian ikan belida dapat terjaga untuk generasi mendatang.

Dengan program ini, diharapkan populasi ikan belida akan kembali meningkat dan bisa terus menjadi bagian dari kekayaan hayati Sungai Musi dan Sumatera Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: