Cek Yuk! Checklist Strategi Marketing UMKM 2025: 7 Langkah untuk Meningkatkan Penjualan!

Checklist Strategi Marketing UMKM 2025-Google : dok net-
7. Evaluasi dan Optimalkan Strategi Secara Berkala
Langkah terakhir yang tak boleh diabaikan adalah evaluasi.
UMKM perlu rutin mengevaluasi performa penjualan, respons audiens, hingga ROI dari strategi marketing yang diterapkan.
BACA JUGA:Omzet Belasan Juta saat Lebaran! Kisah Sukses Warung Bu Sum Bersama BRI
Dengan data ini, pelaku usaha bisa mengetahui apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan.
Checklist:
Sudah mencatat performa campaign atau penjualan tiap bulan?
Pernah melakukan A/B testing konten iklan atau caption?
Strategi marketing yang baik adalah strategi yang bisa dieksekusi.
Melalui checklist praktis ini, UMKM bisa langsung menerapkan langkah-langkah konkret yang terbukti efektif dalam meningkatkan penjualan.
Kuncinya terletak pada konsistensi, pemanfaatan teknologi, dan kemampuan membaca kebutuhan pasar.
Dengan menguasai strategi ini, bukan tidak mungkin UMKM akan naik kelas di tahun 2025 dan mampu bersaing di pasar yang lebih luas.
BACA JUGA:Waduh! Ekspor Nonmigas Indonesia 2025 Naik: Produk UMKM Jadi Kontributor Utama, Cek Yuk!
BACA JUGA:BRI Siapkan Rp3 Triliun untuk Buyback Saham, Cerminan Optimisme terhadap Kinerja Jangka Panjang
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: