BRI Luncurkan BRILiaN Way: Transformasi Budaya Menuju Bank Paling Menguntungkan di Asia Tenggara

BRI Luncurkan BRILiaN Way: Transformasi Budaya Menuju Bank Paling Menguntungkan di Asia Tenggara

BRI Luncurkan BRILiaN Way-foto: dok bri-

BACA JUGA:Jadi Pemasok Program MBG, Supplier Ikan Ini Sukses Kembangkan Usaha Berkat Pinjaman BRI

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing BRI di tengah persaingan industri perbankan yang semakin dinamis, sekaligus menjadikan BRI lebih dekat dengan nasabah di era digital.

4. Transformasi Budaya dan SDM

Aspek budaya menjadi pilar keempat yang sangat krusial dalam transformasi BRI.

Melalui peluncuran BRILiaN Way, BRI berkomitmen menciptakan budaya kerja yang mampu mendorong kinerja tinggi, produktivitas, daya saing, dan kepemimpinan berkualitas.

“Transformasi people harus menghasilkan SDM yang produktif dan kompetitif, serta melahirkan leader yang mampu nata (menata), nuntun (membimbing), dan *nagih (memastikan pencapaian),” jelas Hery.

BACA JUGA:Sukses Jadi Mata Pencaharian Warga Sekitar, Ini Kisah Klaster Usaha Tanaman Hias Binaan BRI di Kota Batu

BACA JUGA:Jangkau 67 Ribu Desa, AgenBRILink Perkuat Inklusi Keuangan dan Ekonomi Kerakyatan di Indonesia

BRILiaN Way: Budaya Baru, Spirit Baru

BRI memperkenalkan BRILiaN Way sebagai arah budaya kerja baru yang akan menjadi landasan dalam setiap tindakan dan keputusan.

Ada lima nilai utama yang menjadi pilar budaya ini, yaitu:

  • Integrity – Menjunjung tinggi kejujuran dan etika dalam bekerja.

  • Collaborative – Mendorong kerja sama lintas fungsi dan unit untuk mencapai tujuan bersama.

  • Accountability – Bertanggung jawab atas hasil kerja dan berani mengambil keputusan.

  • Growth Mindset – Terbuka terhadap perubahan dan terus belajar untuk berkembang.

  • Customer Focus – Menempatkan kepuasan dan kebutuhan pelanggan sebagai prioritas utama.

Kelima nilai ini diharapkan menjadi compass perilaku yang akan membentuk karakter Insan BRILiaN dalam melayani masyarakat dan mencapai target perusahaan.

Menyongsong Masa Depan dengan Transformasi

Dalam kesempatan yang sama, Chief Operating Officer BPI Danantara, Dony Oskaria, menekankan bahwa kekuatan fundamental BRI terletak pada jangkauan dan relevansinya di tengah masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:Perkuat Struktur Pendanaan Jangka Panjang, BRI Fokus Himpun Dana Murah untuk Jaga Stabilitas Bisnis

BACA JUGA:BRI Kembali Masuk Daftar Bank Terbaik Dunia, Pimpin Posisi Tertinggi di Indonesia versi The Banker 2025

Dengan lebih dari 7.000 kantor layanan dan lebih dari satu juta AgenBRILink, kehadiran BRI mencakup hampir seluruh pelosok Tanah Air.

“BRI adalah institusi yang sangat kuat. Tidak hanya dari sisi aset dan jaringan, tetapi juga dari sisi peran sosialnya dalam membangun perekonomian rakyat,” kata Dony.

Ia juga menyoroti tantangan utama ke depan: perubahan ekspektasi nasabah yang semakin cepat. Di era digital ini, pelanggan menuntut pengalaman perbankan yang tidak hanya nyaman dan aman, tetapi juga personal dan melebihi ekspektasi.

"Transformasi bukan hanya pilihan, tetapi keniscayaan. Organisasi yang mampu melayani pelanggan melebihi ekspektasi akan menciptakan pelanggan loyal, yang kemudian menjadi advocate dan merekomendasikan brand secara sukarela,” tegasnya.

Menuju 2030: Konsistensi Jadi Kunci

Dengan peluncuran BRILiaN Way, BRI menegaskan arah transformasinya tidak hanya dari sisi teknologi dan produk, tetapi juga menyentuh aspek budaya dan perilaku kerja.

BACA JUGA:Unggul di Layanan Digital dan Konvensional, BRI Raih 11 Penghargaan di Banking Service Excellence 2025

BACA JUGA:Langkah Akseleratif Transformasi BRI Tuai Dukungan Komisi XI DPR RI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: