Mentalitas Generasi Z dalam Cengkeraman Media Sosial! Berikut Ancaman dan Solusinya

Mentalitas Generasi Z dalam Cengkeraman Media Sosial! Berikut Ancaman dan Solusinya

Media sosial juga membawa risiko tersembunyi yang dapat mempengaruhi kesehatan mental Generasi muda.-foto: dok net-

Mentalitas Generasi Z dalam Cengkeraman Media Sosial! Berikut Ancaman dan Solusinya

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Dalam era teknologi yang dipenuhi konektivitas digital, Generasi Z, kelahiran pertengahan 1990-an hingga awal 2010-an, telah tumbuh dalam lingkungan yang merasuk ke dalam dunia digital.

Keuntungan teknologi ini sungguh tak terbantahkan, namun tanpa disadari, muncul tantangan baru yang berhubungan dengan kesehatan mental yang belum pernah ada sebelumnya.

Kegunaan dan Kecelakaan Media Sosial pada Kesehatan Mental Generasi Z

Media sosial telah menjadi pusat kegiatan dan interaksi bagi Generasi Z.

Baik saat berbagi momen berharga maupun terhubung dengan teman-teman dari berbagai belahan dunia, platform-platform ini mendominasi rutinitas harian dan pandangan mereka terhadap dunia.

Di tengah kelebihan yang dirasakan, media sosial juga membawa risiko tersembunyi yang dapat mempengaruhi kesehatan mental.

BACA JUGA:Bagaimana Detoksifikasi Digital Mengatasi Dampak Negatif perangkat pintar? Temukan Langkahnya di Sini

Dampak positif yang dihasilkan dari media sosial bagi Generasi Z termasuk kemampuan untuk menyebarkan kesadaran tentang isu-isu sosial, memfasilitasi ekspresi diri dan kreativitas, serta mempertahankan ikatan dengan rekan-rekan seiring kesibukan yang menjulang.

Di balik semua ini, ada sisi gelap yang mengintai. Konten yang merugikan, perbandingan diri yang tak ada henti dengan orang lain, dan potensi pelecehan daring dapat memicu stres, kecemasan, dan depresi.

Menyingkirkan Dampak Negatif Media Sosial pada Kesehatan Mental

Agar dapat melawan dampak negatif media sosial terhadap kesehatan mental, Generasi Z perlu melangkah dengan langkah-langkah berfokus dan strategis.

BACA JUGA:Langkah Google Meningkatkan Keamanan Data Pengguna Melalui Fitur Privasi Terbaru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: