Hubungan Kompleks: Harga Emas, Dolar AS, dan Imbal Hasil Obligasi Global

Hubungan Kompleks: Harga Emas, Dolar AS, dan Imbal Hasil Obligasi Global

Hubungan Kompleks antara Harga Emas, Dolar AS-foto: dok-

Hubungan Kompleks: Harga Emas, Dolar AS, dan Imbal Hasil Obligasi Global

 

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Pergerakan harga emas, dinamika indeks dolar AS, dan fluktuasi imbal hasil obligasi global selalu menjadi tiga elemen yang saling terkait dalam tari kompleks pasar keuangan.

Dalam seminggu terakhir, pergerakan harga emas telah menarik perhatian para investor dan analis karena terkait erat dengan penguatan dolar AS dan peningkatan imbal hasil obligasi pemerintah.

Interaksi antara ketiga faktor ini dan menggali mengapa harga emas menunjukkan tren penurunan dalam konteks pergeseran pasar saat ini.

Penguatan Dolar AS dan Imbal Hasil Obligasi:

Seiring dengan merosotnya harga emas dalam seminggu terakhir, indeks dolar AS telah mengalami peningkatan, meskipun hanya sedikit.

BACA JUGA:Dampak Rilis Laporan Inflasi terhadap Harga Emas dan Implikasinya pada Kebijakan Moneter

Indeks dolar AS, yang mengukur nilai dolar terhadap sekeranjang mata uang utama, naik kurang dari 0,1% menjadi 102,47 dalam periode waktu tersebut.

Meskipun kenaikan ini tampak kecil, namun efeknya cukup terasa dalam pasar keuangan global.

Sejalan dengan penguatan dolar AS, imbal hasil obligasi pemerintah global juga mengalami peningkatan.

Peningkatan imbal hasil, terutama pada obligasi pemerintah AS, telah mengalihkan sebagian investor dari emas ke obligasi yang menawarkan tingkat pengembalian yang lebih tinggi.

Imbal hasil pada obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun mengalami kenaikan moderat sebesar 1 basis poin menjadi 4,01%, sementara imbal hasil pada obligasi pemerintah tenor dua tahun naik menjadi 4,80%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: