Suku Piliang: Melacak Jejak Klan Etnis Minangkabau yang Terhormat

Suku Piliang: Melacak Jejak Klan Etnis Minangkabau yang Terhormat

suku suku di minangkabau-Foto:google/net-

Mereka dapat ditemui di wilayah barat Riau, wilayah selatan Sumatera Utara, wilayah tenggara, selatan, dan barat Aceh, wilayah utara Bengkulu, dan wilayah selatan Jambi.

Meskipun tersebar luas, diketahui bahwa suku ini tidak terdapat di Pesisir Selatan dan Solok Selatan.

BACA JUGA:Sejarah Desa Lubuk Saung dan Lubuk Rengas di Banyuasin, Kamu Harus Tau Nih !

Kerabat

Di bawah payung klan Koto-Piliang, ada banyak klan lain yang bernaung, seperti Tanjung, Guci, Sikumbang, Malayu, Kampai, Panai, Bendang, dan lain-lain.

Dalam sejarah Minangkabau, suku Piliang berdatuk kepada Datuk Ketumanggungan, yang memegang gelar-gelar kebesaran adat dalam pasukuan Piliang, seperti Datuk Bandaro Biso di Tanjung Alam.

Kabupaten Tanah Datar, dan Datuk Mangkuto Rajo Lelo di Tanjung Alam Tanah Datar, Kabupaten Tanah Datar.

Tokoh Terkenal

Beberapa tokoh terkenal yang berasal dari suku Piliang antara lain Agra Piliang, Dayat Piliang, Imam Putra Piliang, Indra Jaya Piliang, Iwan Piliang, Fauzan Nasrul, Natasha Rizky, Tulus, Yasraf Amir Piliang, Dr. Hasrul Piliang, Fachrudin Piliang, dan Revilla Oulina Piliang.

Mereka telah memberikan kontribusi yang berharga dalam berbagai bidang, baik dalam masyarakat Minangkabau maupun secara nasional.

BACA JUGA:Sejarah Jejak Kekuasaan Maritim Terdapat di Pecahan Kapal Kerajaan Sriwijaya Mariana Banyuasin, Luar Biasa !

Suku Piliang adalah bagian penting dari kaya budaya Minangkabau dan memiliki peran yang beragam dalam sejarah dan perkembangan masyarakat mereka.

Dengan sub-klan yang tersebar luas dan hubungan dengan berbagai klan lain, suku Piliang tetap memegang tempat istimewa dalam hati dan sejarah Minangkabau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: