Musikal Tradisional Musi Banyuasin Itu Unik, Ini Kata Penikmat Lagu!

Musikal Tradisional Musi Banyuasin Itu Unik, Ini Kata Penikmat Lagu!

Pemusik daerah Muba-Foto/ilustrasi -

Musikal Tradisional Musi Banyuasin Itu Unik, Ini Kata Penikmat Lagu! 

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE- Keunikan musik tradisional Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, melambangkan ciri khas yang memukau dalam sejarah dan kehidupan masyarakatnya.

Musik tradisional di daerah ini merupakan perpaduan antara warisan budaya lokal dengan pengaruh dari sejarah serta kegiatan sehari-hari masyarakat.

Salah satu aspek utama keunikan musik tradisional Musi Banyuasin adalah penggunaan alat musik tradisional khas.

Alat-alat musik seperti gendang, rebana, gong, serta alat musik gesek, seperti rebab, memainkan peran utama dalam membangun lanskap musik daerah ini.

BACA JUGA:Inilah Tari Setabik Muba, Simbol Kehormatan dalam Budaya Melayu!

Bunyi dan ritme yang dihasilkan dari alat-alat ini menciptakan harmoni yang khas, menghadirkan nuansa yang mampu mencerminkan kehidupan sehari-hari masyarakatnya.

Selain itu, lirik dan komposisi musik tradisional di Musi Banyuasin sering mengandung cerita-cerita yang terkait dengan kehidupan sehari-hari, sejarah lokal, serta nilai-nilai budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Melalui lirik-lirik yang tercipta, cerita-cerita tentang kehidupan, keberlimpahan alam, atau nilai-nilai adat turut diabadikan dan dipelihara.

Pentas musik tradisional sering menjadi ajang pertemuan masyarakat, baik dalam kegiatan keagamaan, acara adat, hingga kegiatan bersama.

BACA JUGA:Epos Perjuangan Pahlawan Muba & Momentum Hari Pahlawan 10 November 2023

Musik tradisional di sini tidak hanya menjadi hiburan semata, tetapi juga sarana untuk memperkuat ikatan sosial dan keberadaan komunitas.

Keunikan lain terletak pada kesinambungan budaya ini dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: