Masjid Agung Palembang, Wisata Paling Terkenal dan Penuh Sejarah, Titik Indah Ada di Malam Hari lho !

Masjid Agung Palembang, Wisata Paling Terkenal dan Penuh Sejarah, Titik Indah Ada di Malam Hari lho !

Masjid Agung Palembang, Wisata Paling Terkenal dan Penuh Sejarah-foto: google/net-

Masjid Agung Palembang, Wisata Paling Terkenal dan Penuh Sejarah, Titik Indah Ada di Malam Hari lho !

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Masjid Agung Palembang, yang juga dikenal sebagai Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin, merupakan salah satu landmark terbesar dan penuh sejarah yang membanggakan Kota Palembang, Sumatra Selatan.

Terletak di Jalan Jenderal Sudirman, 19 Ilir, Bukit Kecil, masjid ini tidak hanya menjadi tempat ibadah utama bagi umat Islam di wilayah ini tetapi juga menawarkan pesona sejarah yang mendalam.

Sejarah Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang tidak sekadar merupakan sebuah tempat ibadah, tetapi juga sebuah peninggalan bersejarah dari Kesultanan Palembang Darussalam.

BACA JUGA:Selain Kebun Teh! Ada Destinasi Wisata Dusun Camp Pagar Alam yang Terpopuler, Liburan Tahun Baru Pas nih!

Dibangun selama periode sepuluh tahun antara 1738 hingga 1748, masjid ini awalnya dikenal dengan nama Masjid Sultan, dirancang oleh Sultan Mahmud Badaruddin I, atau lebih dikenal sebagai Jayo Wikramo.

Dengan batu pertama diletakkan pada tahun 1738, proses pembangunan masjid ini memakan waktu yang cukup lama.

Pada tanggal 26 Mei 1748, Masjid Agung Palembang diresmikan dan segera menjadi pusat ibadah bagi komunitas Muslim di kota ini.

Bangunan masjid memiliki bentuk hampir bujur sangkar dengan ukuran mencapai 30 x 36 meter dan mampu menampung hingga 1200 jamaah.

BACA JUGA:Tempat Wisata Paling Terkenal di Pagar Alam, Keindahan Alam dan Suasana yang Tenang, Dijamin Bikin Ketagihan !

Menariknya, pada awalnya, Masjid Agung Palembang tidak memiliki menara.

Namun, di masa pemerintahan Sultan Ahmad Najamudin (1758-1774), sebuah menara megah dibangun untuk menambah keindahan dan keberanian masjid ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: