Perbaiki Pola Tidur & 12 Jurus Ini Ampuh Lawan Kolesterol Tinggi! Metode Alami Tanpa Bergantung Obat-Obatan

Perbaiki Pola Tidur & 12 Jurus Ini Ampuh Lawan Kolesterol Tinggi! Metode Alami Tanpa Bergantung Obat-Obatan

Ilustrasi Perbaiki Pola Tidur & 12 Jurus Ini Ampuh Lawan Kolesterol Tinggi. (sumeksradionews. ist)--

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa adanya sejumlah kecil lemak dalam tubuh, terutama di daerah perut, memiliki dampak buruk pada kesehatan jantung.

Lemak perut dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Dengan mengurangi lemak perut, kita dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 10 persen.

 

  1. Memperbaiki pola tidur

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mereka yang tidur sekitar delapan jam setiap malam memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidur enam jam atau kurang setiap malam. Sebaliknya, mereka yang tidur lebih dari 30 menit memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi.

 

  1. Meningkatkan asupan serat

Asupan serat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dengan jumlah yang signifikan meskipun dalam jumlah kecil. Salah satu cara mudah untuk meningkatkan asupan serat adalah dengan mengganti roti putih dengan roti gandum. Makanan lain yang kaya serat meliputi almond, oat, brokoli, wortel, serta buah-buahan penurun kolesterol seperti beri, pisang, apel, dan pir.

 

  1. Mengonsumsi ikan

Selain itu, mengonsumsi ikan rendah lemak jenuh dan tinggi asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan kadar trigliserida, jenis lemak dalam darah yang berhubungan dengan penyakit jantung.

Mengonsumsi ikan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan memperlambat pertumbuhan plak di arteri. Disarankan untuk mengonsumsi setidaknya satu porsi salmon, tuna, trout, atau sarden per minggu.

 

  1. Aktif berolahraga dan bergerak lebih banyak

Olahraga secara teratur dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 5 persen.

Pilihlah aktivitas yang dapat meningkatkan detak jantung, seperti berenang, jogging, membersihkan rumah, atau berkebun.

 

  1. Jangan lewatkan sarapan

Penelitian dari Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa melewatkan sarapan dapat meningkatkan risiko serangan jantung hingga sepertiganya.

Salah satu makanan sarapan yang baik untuk menurunkan kolesterol adalah bubur gandum yang mengandung senyawa beta-glucan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: