Batik Tulis Soedjono: Dari Lamongan ke Pasar Dunia Berkat Pemberdayaan BRI

Minggu 20-04-2025,16:50 WIB
Reporter : Nuri Fransisca
Editor : Nuri Fransisca

“Dulu saya hanya fokus produksi, tidak tahu cara menjual.

Berkat mentoring dari BRI dan dukungan istri, kami bisa berkembang dan menjangkau pasar lebih luas,” ujarnya.

Salah satu tonggak pencapaian besar terjadi pada 2022, ketika Batik Tulis Soedjono mendapatkan pesanan khusus dari Singapura.

BACA JUGA:Dari Tenun ke Digital: Marlinda dan Rumah Ulos Bangkitkan Perempuan Tapanuli Utara Bersama BRI

BACA JUGA:BRI Buka Jalan UMKM Go Global: 20 UMKM Binaan Tampil di FHA-Food & Beverage 2025 Singapura

Motif yang dipesan adalah Daliwangun, yang menggabungkan unsur burung dali (sejenis walet) dan pohon wangun, simbol khas Lamongan.

Pesanan ini menjadi bukti nyata bahwa batik tulis dari Lamongan memiliki daya tarik dan daya saing di kancah global.

Tak hanya dari luar negeri, permintaan juga terus berdatangan dari berbagai kota besar di Indonesia, seperti Medan, Samarinda, Batam, hingga Ternate.

Capaian ini menjadi motivasi tambahan bagi Umbar untuk terus berinovasi dan mengembangkan sayap bisnisnya lebih luas.

Ajang seperti BRI UMKM EXPO(RT) juga turut menjadi panggung penting bagi pelaku UMKM seperti Umbar.

BACA JUGA:BRI Kembali Dapat Kepercayaan untuk Sediakan Living Cost Jemaah Haji 2025: Komitmen Proaktif Demi Kenyamanan I

BACA JUGA:Peran Pembina UMKM dalam Sukseskan Ekspor: Kolaborasi yang Berbuah Nyata!

Melalui pameran tersebut, pelaku usaha bisa memamerkan produknya, menjalin relasi bisnis, hingga mendapatkan apresiasi melalui penghargaan.

Saya berharap acara seperti ini bisa digelar lebih luas hingga ke kota-kota kecil agar UMKM lain juga mendapatkan kesempatan yang sama,” kata Umbar.

Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi, menyatakan bahwa BRI UMKM EXPO(RT) merupakan bagian dari strategi BRI untuk memperkuat peran UMKM sebagai motor penggerak ekonomi nasional.

Di tahun keenam penyelenggaraannya, expo ini menghadirkan 1.000 UMKM terbaik dari seluruh Indonesia, dengan lima kategori utama: Home Decor and Craft, Food and Beverage, Accessories and Beauty, Fashion and Wastra, serta Healthcare and Wellness.

Kategori :