Menteri BUMN Erick Thohir dan Presiden Jokowi Kukuhkan Kerja Sama dengan Filipina, Vietnam, dan Brunei!

Menteri BUMN Erick Thohir dan Presiden Jokowi Kukuhkan Kerja Sama dengan Filipina, Vietnam, dan Brunei!

Menteri BUMN Erick Thohir dan Presiden Jokowi Kukuhkan Kerja Sama dengan Filipina, Vietnam, dan Brunei!-Foto:google/net-

Menteri BUMN Erick Thohir dan Presiden Jokowi Kukuhkan Kerja Sama dengan Filipina, Vietnam, dan Brunei!

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah menyelesaikan kunjungan kenegaraan ke Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam pada tanggal 9-14 Januari 2024.

Rangkaian pertemuan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama perdagangan dan investasi antara Indonesia dan ketiga negara Anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) tersebut.

Kunjungan dimulai dari Filipina, di mana Menteri Erick Thohir mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan Presiden Filipina, Ferdinand Marcos Jr., atau yang akrab disapa Bongbong Marcos, di Istana Malacanang, Manila.

Kedua negara menandatangani nota kesepahaman (MoU) di bidang energi, menandai langkah strategis untuk memperdalam kerja sama bilateral.

BACA JUGA:Chandra Asri (TPIA) Manfaatkan Dana Rp993 Miliar dari Obligasi untuk Bahan Baku dan Modal Kerja

Menteri Thohir juga menjalankan serangkaian pertemuan dengan Menteri Perdagangan Filipina, Alfredo E. Pascual, guna membahas peluang kerja sama di sektor energi, khususnya dalam pengelolaan nikel.

Selama kunjungan di Filipina, Erick Thohir dan Jokowi turut mengunjungi dua pabrik industri, yaitu milik Kopiko Philippines Corporation (KPC) dan W Hydrocolloids Inc.

Pabrik-pabrik tersebut memainkan peran penting dalam membeli hasil produksi petani kopi dan rumput laut Indonesia, memperkuat keterlibatan Indonesia dalam rantai pasok global.

Pada pertemuan dengan Menteri Transportasi Filipina, Jaime J. Bautista, dan Menteri Pertahanan Filipina, Gilbert Teodoro, pembahasan mengenai kerja sama pembangunan infrastruktur kereta api di Filipina oleh BUMN menjadi sorotan.

BACA JUGA:Saham Emiten Barisan Prajogo Menyusut Tajam, IHSG Alami Penurunan Moderat

Keterlibatan BUMN dalam proyek tersebut menjadi kebanggaan, menunjukkan kualitas perusahaan Indonesia yang dapat bersaing di tingkat internasional.

Kemudian, perjalanan dilanjutkan ke Vietnam, di mana pada Jumat (12/1/2024), Erick Thohir dan Jokowi mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Vietnam, Vo Van Thuong, di Istana Presiden, Hanoi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: