INDONESIA DIBAWAH OLIGARKI, Istilah Pemberi Ruang Kritik Terhadap Penguasa Zalim!

INDONESIA DIBAWAH OLIGARKI, Istilah Pemberi Ruang Kritik Terhadap Penguasa Zalim!

INDONESIA DIBAWAH OLIGARKI-Panji Al islami, ( Guru & Pegiat Organisasi)-

INDONESIA DIBAWAH OLIGARKI

Panji Al Islami, S.H.(Ketua Firma Banyuasin III)

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Istilah oligarki merupakan istilah yang tidak asing bagi para aktivis yang hendak memberikan ruang kritik terhadap penguasa yang zalim, baik melalui demonstrasi maupun tagarisasi atau viralisme melalui media sosial.

Sebelum lebih jauh penulis menuangkan konsep kritis dalam tulisan ini, sebagai pendahulu kita harus tahu bahwa sebagaimana ramalan seorang filsuf asal Yunani yang bernama Polybius.

sistem kepemerintahan suatu negara pada mulainya adalah bersistem MONARKI, setelah kemudian kekuasaan ini mengalami kemerosotan dalam pengelolaan sistem kekuasaan, maka bergantilah kekuasaan tersebut menjadi kekuasaan yang bersistem TIRANI.

tetapi di dalam sistem ini setelah berjalan kemudian mengalami ketidakadilan dalam memandang kepentingan umum, maka sistem ini demikian berganti menjadi kekuasaan ARISTOKRASI, dimana kekuasaan ini tegak atas gerakan perlawanan sekelompok bangsawan yang kemudian mengambil alih kekuasaan sebelumnya.

BACA JUGA:Ketika Uang Berkuasa! POLITIK RUPIAHTOKRASI : Tindak Pidana Politik Uang

namun setelah perjalanan panjang dengan sistem yang baik dan berdirinya kesetaraan keadilan, maka kekuasaan aristokrasi kemudian mengalami kemerosotan dikarenakan pengutamaan kepentingan-kepentingan kelompok sehingga menjadilah kekuasaan OLIGARKI yang kemudian menindas kepentingan-kepentingan rakyat.

Ketika oligarki berkuasa, kekuatan rakyat pun bangkit untuk memberontak dan menggulingkan oligarki sehingga berdirinya sistem DEMOKRASI, sistem ini pun tidak berjalan lama yang disebabkan oleh tindakan koruptif dan nepotisme oleh beberapa kelompok tertentu dilingkar kekuasaan sehingga pemerintah menjadi OKLORASI.

Kemudian Polybius menambahkan dalam ramalannya tersebut, bahwa ditengah-tengah terjadinya mobilitas sistem pemerintahan yang tidak tidak stabil sehingga siklus akhir dari sistem pemerintahan tersebut kembali di ambil alih oleh seorang yang mempunyai keberanian dan kekuatan sehingga mempu menjadikan sistem kepemerintahan tersebut menjadi MONARKI yang dipimpin oleh Raja/Ratu.

Fokus dalam tulisan ini, penulis akan menuangkan konsep kepemerintahan monarki yang kemudian mewarnai corak sistem kepemerintahan Indonesia dari masa ke masa secara singkat.

BACA JUGA:Politik Uang Apakah Hukumnya? Berikut Penjelasan Praktik Money Politics dalam Perspektif Islam, Perhatikan ini

Oligarki merupakan kekuasaan yang disetir oleh segelintir orang namun memiliki pengaruh yang signifikan dalam pemerintahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: