Kolaborasi Strategis Antara Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan & Vietnam dalam Pengelolaan Air Bersih

Kolaborasi Strategis Antara Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan & Vietnam dalam Pengelolaan Air Bersih

Kolaborasi Strategis Antara Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan & Vietnam-foto: google/net-

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Memimpin Inisiatif Kolaborasi Internasional

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Griya Agung Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menjadi saksi terjadinya dialog strategis yang mempertemukan delegasi tinggi dari Vietnam Water Supply and Sewerage Association (VWSA) dengan sejumlah pejabat tinggi daerah di Indonesia.

Diskusi yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuasin, Ir. Erwin Ibrahim, ST.,MM., MBA., IPU ASEAN Eng, bersama sekda dari kabupaten-kota di Sumatera Selatan, menandai langkah awal untuk menjajaki peluang kerjasama dalam industri pengelolaan air bersih.

Menurut Chairman VWSA, Dr. Nguyen Ngoc Diep, kunjungan ini bukan hanya sekadar pertemuan rutin, melainkan langkah nyata untuk membangun hubungan strategis antara Vietnam dan Indonesia dalam mengatasi tantangan bersama terkait air bersih.

"Kami melihat Indonesia, dengan populasi yang besar dan ekonomi yang kuat, sebagai pasar yang menjanjikan bagi investasi dalam pengelolaan air bersih," ungkap Dr. Nguyen Ngoc Diep dalam pidatonya.

BACA JUGA:Wujudkan Lingkungan Sehat! PJ. Bupati Banyuasin Gencarkan Program Prokasi Bersama Sejumlah Pejabat Daerah

Potensi Kerjasama Antara Vietnam dan Indonesia dalam Pengelolaan Air Bersih

Indonesia, sebagai negara kepulauan dengan berbagai tantangan terkait infrastruktur air bersih, telah menarik perhatian VWSA untuk menjajaki peluang investasi.

Dr. Nguyen Ngoc Diep menyebutkan bahwa Vietnam memiliki pengalaman yang cukup dalam tata kelola perusahaan air minum, dengan tingkat kebocoran yang rendah, yaitu sekitar 0-5%.

Sementara itu, di Sumatera Selatan, tingkat kebocoran mencapai 33%, menunjukkan adanya ruang besar untuk peningkatan efisiensi dalam pengelolaan air bersih.

Pj. Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni, yang juga Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri, menegaskan bahwa kolaborasi dengan VWSA telah dijajaki sejak kunjungan resmi ke Vietnam pada bulan Maret 2024 lalu.

"Kunjungan VWSA kali ini merupakan tindak lanjut dari inisiatif awal, yang menunjukkan komitmen bersama untuk meningkatkan infrastruktur dan manajemen air bersih di Sumatera Selatan," ujar Agus Fatoni.

BACA JUGA:Herman Deru Optimis Hadapi Pilgub Sumsel, Siap Head to Head atau Banyak Calon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: