Operasi Zebra Musi - 2023: Polres Banyuasin Edukasi Masyarakat, Tingkatkan Keselamatan Berkendara

Operasi Zebra Musi - 2023: Polres Banyuasin Edukasi Masyarakat, Tingkatkan Keselamatan Berkendara

Operasi Zebra Musi - 2023 Polres Banyuasin-Foto-Sumeksradio.disway.id

Operasi Zebra Musi - 2023: Polres Banyuasin Edukasi Masyarakat, Tingkatkan Keselamatan Berkendara

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE- Pada Hari Minggu, 10 September 2023, personel Polres Banyuasin yang merupakan bagian dari Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) dan dipimpin oleh Kasat Mata (Kepala Satuan Pengawas dan Penyidik Kecelakaan Lalu Lintas) melaksanakan penertiban dan penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas di Kawasan Tertib Berlalu Lintas (KTL) di Jalan Komplek Pemkab Banyuasin.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam rangka Operasi Zebra Musi - 2023 Polres Banyuasin yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan berkendara di wilayah tersebut.

Dalam operasi tersebut, personel Polres Banyuasin fokus pada beberapa pelanggaran lalu lintas yang sering terjadi, antara lain pengendara dan penumpang yang tidak menggunakan Helm Standar Nasional Indonesia (SNI), kendaraan yang tidak menggunakan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), serta kendaraan yang menggunakan knalpot brong.

Tindakan ini tidak hanya sebagai penindakan hukum, tetapi juga sebagai upaya edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya keselamatan dalam berkendara.

BACA JUGA:Pantau Pilkades Bupati Askolani Kunjungi 4 Desa di Banyuasin

Penggunaan Helm Standar Nasional Indonesia (SNI) adalah salah satu langkah penting untuk melindungi pengendara dan penumpang dari potensi cedera serius dalam kecelakaan lalu lintas.

Helm SNI dirancang dan diuji sesuai dengan standar keamanan tertentu, sehingga mampu memberikan perlindungan maksimal dalam situasi darurat. Oleh karena itu, penertiban terhadap penggunaan helm SNI adalah langkah yang sangat penting dalam meminimalkan risiko kecelakaan.

Selain itu, penertiban terhadap kendaraan yang tidak menggunakan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) juga dilakukan untuk mengidentifikasi kendaraan yang tidak terdaftar secara resmi. Hal ini membantu dalam mengurangi kendaraan ilegal dan memberikan data yang lebih akurat kepada pihak berwenang. 

Kendaraan yang menggunakan knalpot brong juga menjadi fokus operasi. Penggunaan knalpot brong cenderung menghasilkan tingkat kebisingan yang mengganggu dan melanggar peraturan lalu lintas. Dengan mengawasi kendaraan-kendaraan ini, Polres Banyuasin berusaha menciptakan lingkungan lalu lintas yang lebih aman dan nyaman bagi semua pengguna jalan.

BACA JUGA:Oli Tumpah, Polres Banyuasin Siram Pasir Cegah Kecelakaan di Jalintim KM. 17

Operasi ini adalah bagian dari upaya Polres Banyuasin untuk menciptakan kesadaran keselamatan berkendara di masyarakat dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, tindakan ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa semua pengendara dan kendaraan di wilayah tersebut mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku, sehingga menciptakan lingkungan lalu lintas yang lebih teratur dan aman bagi semua. Diharapkan, operasi seperti ini akan memberikan dampak positif dalam mengurangi pelanggaran lalu lintas dan meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara di masyarakat Banyuasin.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: