Penemuan Pecahan Kapal di Mariana Banyuasin, Bukti Warisan Sejarah Kerajaan Sriwijaya di Indonesia

Penemuan Pecahan Kapal di Mariana Banyuasin, Bukti Warisan Sejarah Kerajaan Sriwijaya di Indonesia

Hal ini mendorong upaya lebih lanjut untuk memahami bagaimana kehadiran Sriwijaya memengaruhi perkembangan budaya dan sosial masyarakat setempat.

Jalur Transportasi Utama

BACA JUGA:Sejarah Jejak Kekuasaan Maritim Terdapat di Pecahan Kapal Kerajaan Sriwijaya Mariana Banyuasin, Luar Biasa !

Kabupaten Banyuasin, yang didominasi oleh daerah aliran sungai (DAS), ternyata merupakan jalur transportasi utama bagi kerajaan Sriwijaya pada masa lalu.

Gerbang utama transportasi kerajaan ini berlokasi di muara sungai dan laut sungai Musi, yang saat ini berada di wilayah Kabupaten Banyuasin.

Ini adalah pintu gerbang bagi kerajaan tersebut untuk berhubungan dengan dunia luar, dan penemuan ini membantu kita memahami lebih dalam tentang sejarah peradaban Sriwijaya.

Menjaga Warisan Sejarah

BACA JUGA:Sejarah Jejak Kekuasaan Maritim Terdapat di Pecahan Kapal Kerajaan Sriwijaya Mariana Banyuasin, Luar Biasa !

Penemuan kapal dan situs Mariana Banyuasin memunculkan pertanyaan tentang bagaimana warisan sejarah ini akan dijaga dan dilestarikan.

Upaya konservasi yang tepat dan pendanaan yang cukup diperlukan untuk memastikan peninggalan ini tetap utuh bagi generasi mendatang.

Penemuan ini juga mengingatkan kita akan pentingnya melestarikan warisan sejarah untuk menjaga identitas dan budaya kita.

BACA JUGA:Tradisi Adat Ngundang di Kota Pangkalan Balai, Sejarah dan Perjuangan Warisan Budaya Khas Banyuasin !

Oleh karena itu, kemungkinan besar peninggalan sejarah dari masa kejayaan Sriwijaya dapat ditemukan di wilayah Kabupaten Banyuasin, seperti yang dikemukakan oleh Bupati Banyuasin H Askolani melalui Kepala Bappeda Litbang Erwin Ibrahim.

Kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan Melayu yang terletak di Pulau Sumatera dan memiliki pengaruh besar terhadap seluruh Nusantara.

Wilayah kekuasaan kerajaan ini mencakup Kamboja, Thailand, Semenanjung Malaya, bahkan hingga Pulau Jawa, yang membuatnya menjadi nama yang dikenal di seluruh Nusantara dan di mancanegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: