Universitas Sriwijaya (Unsri)! Jejak Perjalanan Sebuah Institusi Pendidikan Unggul di Sumatera Selatan

Universitas Sriwijaya (Unsri)! Jejak Perjalanan Sebuah Institusi Pendidikan Unggul di Sumatera Selatan

Universitas Sriwijaya Kampus Terluas di Indonesia-Foto:google/net-

Pengembangan berlanjut dengan bantuan Penguasa Militer Teritorial II Sriwijaya, yang mendukung pendirian gedung permanen di Kampus Unsri Bukit Besar.

Pembangunan dimulai pada tahun 1983, dengan dukungan dana dari Asian Development Bank.

BACA JUGA:Asal usul desa Tanjung Kepayang di Banyuasin, Ini dia Cerita Sejarahnya !

Gubernur Sumatera Selatan H. Ramli Hasan Basri memberikan kuliah perdana pada tanggal 1 September 1993, menandai awal kegiatan akademik di Kampus Indralaya, yang sebelumnya telah dibebaskan tanah seluas 712 hektare pada tahun 1982.

Kampus Indralaya akhirnya diresmikan pada tanggal 6 Maret 1997 oleh Presiden Soeharto.

Selanjutnya, Universitas Sriwijaya merambah ke Lampung. Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Lampung (YPPTL) didirikan, dan Fakultas Ekonomi, Hukum, dan Sosial (FEHS) pun didirikan.

FEHS Lampung kemudian menjadi Fakultas Ekonomi Cabang Unsri dan Fakultas Hukum Cabang Unsri berkedudukan di Telukbetung, Lampung. Pada tanggal 23 September 1965, Universitas Lampung didirikan sebagai universitas negeri di Lampung.

BACA JUGA:Sejarah dan Asal Usul Nama Tangga Buntung di Kota Palembang Sumatera selatan, Kito Harus Tau !

Sejak itu, Unsri telah berkembang menjadi salah satu universitas terkemuka di Indonesia, memberikan kontribusi besar dalam dunia pendidikan dan penelitian.

Dengan sejarah yang panjang dan komitmen terhadap pendidikan berkualitas, Universitas Sriwijaya tetap menjadi tonggak penting dalam perkembangan Sumatera Selatan dan wilayah sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: