Universitas Sriwijaya (Unsri)! Jejak Perjalanan Sebuah Institusi Pendidikan Unggul di Sumatera Selatan

Universitas Sriwijaya (Unsri)! Jejak Perjalanan Sebuah Institusi Pendidikan Unggul di Sumatera Selatan

Universitas Sriwijaya Kampus Terluas di Indonesia-Foto:google/net-

Universitas Sriwijaya (Unsri)! Jejak Perjalanan Sebuah Institusi Pendidikan Unggul di Sumatera Selatan

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Sejarah panjang yang membentang selama puluhan tahun telah menciptakan institusi pendidikan yang unggul di Sumatera Selatan Universitas Sriwijaya (Unsri).

Pendirian universitas ini dimulai dari gagasan awal pada awal tahun 1950-an dan bertransformasi menjadi institusi yang berperan penting dalam perkembangan pendidikan dan penelitian di daerah ini.

Pada tahun 1952, dalam suasana merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus, muncul wacana untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi di Sumatera Selatan.

Wacana ini, yang awalnya hanya sebuah ide, diusung oleh beberapa pemuka masyarakat dan berubah menjadi kesepakatan untuk membentuk "Panitia Fakulteit Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Kecil-Kecil Cabe Rawit! Kisah heroik M. Riski, Bocah SD Lampung, Menginspirasi untuk tak Takut Lawan Kejahatan

" Pada akhir Agustus 1952, diputuskan bahwa Fakultas Ekonomi akan menjadi yang pertama didirikan, dan "Panitia Fakultet Ekonomi Sumatera Selatan" pun dibentuk.

Ini adalah langkah awal menuju pendirian universitas.

Yayasan Perguruan Tinggi Sjakhjakirti, didirikan pada tanggal 1 April 1953, memegang kendali dalam membentuk Fakultas Ekonomi.

Pada tanggal 31 Oktober 1953, Fakultas Ekonomi secara resmi dibuka dalam sebuah acara yang dihadiri oleh tokoh-tokoh ternama, termasuk Mr. Hadi (Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan), Drg. M. Isa (Gubernur Sumatera Selatan), Letjen. TNI (Purn.) Bambang Utoyo (Panglima TT II Sriwijaya), dan Ali Gathmyr (Ketua DPRD Sumatera Selatan).

BACA JUGA:Dokumentasi Proklamasi Terselamatkan Berkat Kebohongan, Ini Sejarah yang Belum Kalian Ketahui!

Upaya pengembangan perguruan tinggi di Sumatera Selatan terus berlanjut. Yayasan Perguruan Tinggi Sjakhjakirti membentuk Panitia Penyelenggaraan Fakultas Hukum.

Pada tanggal 1 November 1957, bertepatan dengan perayaan Dies Natalis IV Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat resmi diresmikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: