Laju Saham Emiten di Sektor Transportasi dan Logistik Melandai pada Akhir Oktober 2023

Laju Saham Emiten di Sektor Transportasi dan Logistik Melandai pada Akhir Oktober 2023

Saham IHSG-Foto:google/net-

Laju Saham Emiten di Sektor Transportasi dan Logistik Melandai pada Akhir Oktober 2023

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Indeks saham sektor transportasi dan logistik, yang tergabung dalam IDXTRANS, mengalami penurunan kinerja pada akhir Oktober 2023.

Hanya mencatatkan kenaikan sebesar 1,05% sepanjang tahun berjalan, indeks ini mengalami penurunan yang signifikan jika dibandingkan dengan performanya pada akhir Agustus yang masih tertinggi, dengan penguatan sekitar 14,30% secara year-to-date (ytd).

Saat ini, IDXTRANS jauh kalah dengan sektor infrastruktur IDXINFRA yang melesat 45,97% ytd.

Beberapa saham yang masih menguntungkan dalam indeks IDXTRANS adalah BIRD, ASSA, dan ELPI, sementara saham-saham seperti GIAA, SMDR, dan MIRA menjadi penekan indeks.

BACA JUGA:5 Misi Google Penting Kamu Ketahui, Kamu pasti Kaget Bila Tahu!

Meskipun IDXTRANS mengalami penurunan kinerja, namun indeks ini masih terapresiasi sebesar 1,05% ytd atau mencapai 1.679,38 poin pada tanggal 31 Oktober 2023.

Di sisi lain, saham sektor infrastruktur IDXINFRA melonjak 45,97% ytd ke level 1.267,96, menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan indeks sektor lainnya.

Menurut Macro Strategist Samuel Sekuritas Lionel Priyadi, saham di sektor transportasi dan logistik terdampak oleh pelemahan daya beli dan konsumsi masyarakat, terutama akibat lesunya pertumbuhan e-commerce yang sebelumnya menjadi sumber pertumbuhan utama.

Sementara itu, sektor infrastruktur mendapatkan stimulus dari kebijakan fiskal pemerintah menjelang Pemilu, terutama dalam bentuk penyertaan modal negara (PMN) untuk menyelamatkan perusahaan-perusahaan seperti WSKT dan WIKA.

BACA JUGA:IHSG Turun 1,31% Akibat Pelemahan Saham Big Caps seperti BBRI dan BBCA

Pengamat Pasar Modal & Founder WH-Project, William Hartanto, mengatakan bahwa tidak ada penyebab khusus yang menyebabkan pelemahan sektor IDXTRANS.

Menurutnya, penurunan kinerja indeks hanyalah akibat dari aksi ambil untung oleh para investor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: