Menteri Perdagangan Dukung Rencana Kerja Sama TikTok dengan GOTO untuk E-commerce Baru di Indonesia

Menteri Perdagangan Dukung Rencana Kerja Sama TikTok dengan GOTO untuk E-commerce Baru di Indonesia

Menteri Perdagangan Dukung Rencana Kerja Sama TikTok dengan GOTO untuk E-commerce Baru di Indonesia-Foto:google/net-

Menteri Perdagangan Dukung Rencana Kerja Sama TikTok dengan GOTO untuk E-commerce Baru di Indonesia

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, atau yang akrab disapa Zulhas, memberikan tanggapannya terkait rencana TikTok menjajaki kerja sama dengan PT GOTO Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) untuk membentuk e-commerce baru di Indonesia.

Zulhas menyatakan bahwa pihaknya tidak mempermasalahkan rencana kerja sama tersebut selama semua prosedurnya mengikuti aturan yang telah ditetapkan.

khususnya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No.31/2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan melalui Sistem Elektronik.

"Kita sudah atur di Permendag 31/2023, ikuti itu saja. Kita kan enggak anti, enggak larang," ujar Zulhas usai Rapat Kerja bersama Komisi VI DPR-RI di Kompleks Parlemen pada Senin (27/11/2023).

BACA JUGA:Emas MDKA Menantang Pasar! Peluang Investasi Menyusul Pemulihan Pasca Penurunan 13%

Sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulhas menegaskan bahwa penataan akan dilakukan jika terjadi pelanggaran dalam perdagangan melalui sistem elektronik.

Tujuannya adalah agar kehadiran platform digital dapat memberikan manfaat bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta industri dalam negeri, dengan harapan dapat memperluas pasar ke luar negeri.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Isy Karim, mengungkapkan bahwa pihaknya belum menerima perizinan e-commerce terkait kerja sama TikTok dengan GOTO.

"Belum ada di meja kita," kata Isy. Sebelumnya, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki menyebutkan tiga e-commerce lokal yang berpotensi bekerja sama dengan TikTok, yaitu Bukalapak, Tokopedia, dan CT Corp.

BACA JUGA:PGEO Berdaya: Saham PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. Siap Terbang Tinggi dengan Dukungan Pemerintah

Berdasarkan laporan Bloomberg pada Kamis (23/11/2023), entitas Bytedance, induk perusahaan TikTok, sedang dalam pembicaraan untuk berinvestasi pada unit bisnis GOTO.

Kabarnya, ini dapat menjadi strategi TikTok untuk kembali meramaikan bisnis e-commerce di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: