Ponsel Cerdas: Sejarah Evolusi dan Inovasi dalam Dunia Telekomunikasi

Ponsel Cerdas: Sejarah Evolusi dan Inovasi dalam Dunia Telekomunikasi

Ponsel Cerdas: Sejarah Evolusi dan Inovasi dalam Dunia Telekomunikasi-Foto:google/net-

Ponsel Cerdas: Sejarah Evolusi dan Inovasi dalam Dunia Telekomunikasi

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Pada tahun 1992, IBM menciptakan tonggak sejarah dalam dunia telekomunikasi dengan meluncurkan ponsel cerdas pertama yang diberi nama Simon.

Perangkat ini pertama kali dipamerkan sebagai produk konsep di COMDEX, pameran komputer di Las Vegas, Nevada, pada tahun yang sama.

Simon tidak hanya sekadar telepon genggam, melainkan sebuah perangkat multifungsi yang memiliki kalender, buku telepon, jam dunia, tempat pencatat, surel, kemampuan mengirim dan menerima faks, serta permainan.

Yang membuatnya unik adalah absennya tombol-tombol fisik, digantikan oleh layar sentuh yang memungkinkan pengguna memilih nomor telepon dengan jari atau membuat faksimile dan memo dengan tongkat stylus.

BACA JUGA:Pasar Pangkalan Balai, Ini Jejak Sejarah, Transformasi dan Peran Pentingnya dalam Ekonomi Masyarakat Banyuasin

Meskipun standar masa kini mungkin melihat Simon sebagai produk tingkat rendah, fitur-fitur canggihnya pada masanya membuatnya menjadi terobosan yang luar biasa.

Ponsel cerdas ini dijual ke publik pada tahun 1993 oleh BellSouth.

Evolusi ponsel cerdas terus berlanjut, dan pada tahun 1996, Nokia memperkenalkan Nokia 9000 Communicator.

Ini adalah ponsel cerdas pertama dari Nokia yang menggabungkan keberhasilan model PDA buatan Hewlett Packard dengan popularitas telepon Nokia pada saat itu.

BACA JUGA:Pelabuhan Pertama di Sumatera Selatan, Jarak Tempuh Pulau Sumatera ke Bangka Belitung Hanya 4 Jam! Mari Lihat

Nokia 9210 menjadi komunikator berlayar warna pertama dan menggunakan sistem operasi.

Sementara Nokia terus mengembangkan fitur-fitur baru, seperti kamera dan konektivitas WiFi, Ericsson R380, yang dijual sebagai 'ponsel cerdas' sebelumnya, tidak mampu menjalankan aplikasi pihak ketiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: