Harga Emas di Pasar Spot Naik 3 Persen. Capai Puncak Dalam Satu Minggu Lalu

Harga Emas di Pasar Spot Naik 3 Persen. Capai Puncak Dalam Satu Minggu Lalu

Naik drastis dalam satu Minggu terakhir-Foto : Metatrader 5-

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE-Harga emas di pasar spot dibuka lebih tinggi pada awal perdagangan pagi ini. Harga emas telah mencapai puncaknya dalam satu minggu karena sinyal The Federal Reverse (The Fed) akan menurunkan suku bunga tahun depan. Pada perdagangan Rabu (13/12) harga emas di pasar spot ditutup melesat 2,37% di posisi US$ 2026,39 per troy ons.

 

Sementara, hingga pukul 09.00 WIB Kamis (14/12), harga emas di pasar spot bergerak lebih tinggi atau naik 0,23% di posisi US$ 2030,99 per troy ons.

 

Harga emas naik lebih dari 2% pada perdagangan Rabu setelah The Federal Reserve (The Fed) AS menandai berakhirnya siklus kenaikan suku bunga dan mengindikasikan kemungkinan penurunan suku bunga tahun depan.

BACA JUGA:Indeks Bisnis-27 Ditutup ke Zona Hijau dengan Penguatan 0,14%

Bank sentral AS mempertahankan suku bunga stabil pada hari Rabu. Sebanyak 17 dari 19 pejabat The Fed memproyeksikan tingkat suku bunga kebijakan akan lebih rendah pada akhir tahun 2024 dibandingkan saat ini, dengan proyeksi median yang menunjukkan tingkat suku bunga akan turun tiga perempat poin persentase dari 5,25%-5,50% saat ini.

 

"Pengakuan The Fed terhadap tekanan inflasi yang terus menurun telah meningkatkan ekspektasi penurunan suku bunga, yang mengakibatkan penurunan dramatis dalam imbal hasil dan dolar, dan kenaikan berikutnya pada emas dan perak," ujar David Meger, direktur perdagangan logam di High Ridge Futures, dilansir dari Reuters.

 

"Kami percaya kenaikan emas saat ini adalah reli yang berkelanjutan," tambahnya.

 

Indeks dolar AS tergelincir 0,96% di level 102,87 pada perdagangan kemarin Rabu (13/12/2023) setelah keputusan The Fed, membuat emas lebih murah bagi pembeli di luar negeri. Imbal hasil Treasury AS 10 tahun juga memperpanjang penurunannya.

BACA JUGA:Inovasi Terbaru dari Apple! MacBook Air M2 dengan Layar Lebih Besar dan Performa Lebih Cepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: