Tanda Anda Bahagia Ada 4 Hormon Ini Dalam Tubuh, Apa Saja, Ini Dia...

Kamis 16-11-2023,12:50 WIB
Editor : Berry Saputra

 

Peningkatan serotonin (bersama dengan endorfin lain dan neurotransmiter lainnya) alasan mengapa banyak orang merasakan perasaan euforia yang dikenal sebagai "runner's high" setelah latihan yang intens. Selain itu, menghabiskan waktu di luar ruangan, dan tidur malam yang nyenyak dapat membantu meningkatkan serotonin.

 

3.Endorfin

Hormon pereda nyeri alami tubuh. Bertindak sebagai pembunuh rasa sakit alami, meminimalkan ketidaknyamanan dan memaksimalkan kesenangan. Endorfin dilepaskan oleh hipotalamus dan kelenjar pituitari sebagai respons terhadap rasa sakit atau stres, kelompok hormon peptida ini mengurangi rasa sakit dan menciptakan perasaan sejahtera secara umum.

 

Kamu dapat meningkatkan pelepasan endorfin tubuh dengan melakukan aktivitas seperti latihan, meditasi, seks, bermain musik, dan tertawa. Tak hanya itu sinar ultraviolet juga berperan meningkatkan hormon bahagia disebut endorfin ini. Tak heran jika sebagian orang merasa bahagia saat menghabiskan waktu di luar ruangan di bawah sinar matahari. Sinar ultraviolet merangsang pelepasan beta-endorfin di kulit.

 

4. Oksitosin

Oksitosin adalah hormon yang diproduksi di hipotalamus dan dilepaskan ke aliran darah oleh kelenjar pituitari. Terkenal karena perannya dalam ikatan dan keterikatan, oksitosin membanjiri sistem tubuh wanita saat melahirkan dan menyusui. Namun melahirkan bayi bukanlah satu-satunya cara untuk mendapatkan aliran oksitosin.

 

Hormon bahagia disebut Oksitosin ini dikenal sebagai "Hormon cinta". Ini juga meningkat dengan segala jenis sentuhan intim, termasuk berpegangan tangan, berpelukan, berciuman, pijat, dan berhubungan seks.

 

Bagaimana oksitosin dapat mempengaruhi kesehatan mental? Oksitosin telah terbukti menurunkan tingkat stres dan kecemasan. Seperti dikutip dari Health Harvard Edu, penelitian menunjukkan bahwa oksitosin dapat berdampak positif pada perilaku sosial terkait, relaksasi, memercayai, stabilitas psikologis secara keseluruhan.

 

Itulah empat hormon yang disebut hormon bahagia. Semua hormon ini berinteraksi kompleks dalam sistem saraf dan endokrin untuk menjaga keseimbangan emosional dan kebahagiaan dalam tubuh manusia.

Kategori :