Ternyata ini Asal-usul Nama Daerah Solok yang di Kenal Dengan Kelezatan Berasnya!

Ternyata ini Asal-usul Nama Daerah Solok yang di Kenal Dengan Kelezatan Berasnya!

Ternyata ini Asal-usul Nama Daerah Solok yang di Kenal Dengan kelezatan berasnya serta keindahan akamnya yang memukai-Foto:google/net-

Mereka dianggap sebagai pembangkang dalam suatu persoalan, yang membuat raja Minangkabau saat itu sangat marah hingga mengusir mereka dari lingkungan kerajaan.

Para niniak rang Kubuang Tigo Baleh ini kemudian mencari daerah baru untuk dihuni.

Awalnya, mereka berjalan dari Pariangan Padang Panjang menuju Danau Singkarak.

BACA JUGA:Ini Peristiwa di Balik Pergantian Nama Jembatan Ampera: Dari Bung Karno ke Amanat Penderitaan Rakyat, Simak!

Ketika sampai di daerah Aripan, mereka melihat hamparan datar di bawah dan mengucapkan kata-kata "disitulah tampak nan raso kaelok," yang kemudian berkembang menjadi nama Solok.

Mereka juga pernah menuju tempat ketinggian untuk meninjau keadaan alam yang akan mereka tempati, seperti Bukit Gurunan (dekat Payo) dan Aur Berangin (daerah Gaung).

Namun, tempat ketinggian yang lebih mungkin diidentifikasi sebagai tempat asal nama Solok adalah Padang si ribu-ribu (dekat Kuncir) atau bukit antara Teluk dan Tanjung Paku.

Dari tempat ketinggian ini, nenek moyang orang Solok melihat dataran yang cukup baik dan mereka menyebutnya "saelok-eloknyo," yang kemudian berubah menjadi Solok.

BACA JUGA:Desa Guguk! Termasuk Nama Desa Unik dan Kaya di Musi Banyuasin, Mari Lihat Sejarahnya !

Sejarah nama daerah Solok memiliki banyak versi karena kebanyakan informasi berdasarkan cerita lisan.

Terdapat juga versi yang mengaitkan nama Solok dengan kata "selo" karena adanya Batang Sumani yang berbelok-belok (selo) dan kemudian berubah menjadi Solok.


Air Terjun Ulu Suliti, air terjun tertinggi di Kabupaten Solok Selatan. Tinggi 80 meter dan lebar 4 meter, terlihat sangat indah dan gagah.-Foto:google/net-

Versi lain dari sejarah Solok mengatakan bahwa nenek moyang orang Solok dahulu memiliki kemampuan khusus dalam menyelesaikan berbagai masalah dan memiliki wawasan yang luas.

Karena kemampuan ini, mereka sering diminta oleh Pimpinan Luhak Tanah Datar untuk menyelesaikan permasalahan di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Inilah Desa Bailangu, Muba Terpilih Sebagai Desa Tercantik ke-50 di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: