Undur-Undur: Pengobatan Alternatif untuk Diabetes & Manfaat Kesehatan Lainnya - Halaman All

Undur-Undur: Pengobatan Alternatif untuk Diabetes & Manfaat Kesehatan Lainnya - Halaman All

Undur-Undur: Pengobatan Alternatif untuk Diabetes-Foto: google/net-

Undur-Undur: Pengobatan Alternatif untuk Diabetes & Manfaat Kesehatan Lainnya - Halaman All

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Undur-undur adalah makhluk yang mungkin jarang dikenal dalam dunia pengobatan modern, namun memiliki potensi besar sebagai obat alternatif untuk penyakit kencing manis atau diabetes.

Dalam bahasa Yunani, nama undur-undur, yang termasuk dalam famili Myrmeleontidae, berasal dari kata "myrmex" yang berarti semut, dan "leon" yang berarti singa.

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi saat kita menggali lebih dalam, kita akan menemukan bahwa undur-undur memiliki manfaat yang menarik dalam perawatan diabetes dan juga memberikan manfaat kesehatan lainnya.

Undur-undur memiliki dua jenis, yaitu yang hidup di darat dan yang hidup di laut.

BACA JUGA:Strategi Meningkatkan Berat Badan Ideal Tanpa Efek Samping & Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anda, Ini Caranya!

Kita akan fokus pada undur-undur darat, yang biasanya ditemukan di tanah berpasir kering.

Anda mungkin sering menjumpai mereka di halaman rumah atau di sekitar dinding rumah, di tempat-tempat yang cenderung kotor oleh debu.

Sarang undur-undur biasanya berbentuk kubangan bulat kecil yang menyerupai kawah.

Manfaat undur-undur dalam pengobatan diabetes sangat menarik.

Dr. Budi Sugiarto Widjaja dari Traditional Chinese Medicine (TCM) telah meneliti dan mengidentifikasi bahwa undur-undur darat mengandung zat sulfonilurea.

Zat ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi hormon insulin oleh pankreas. Ketika tubuh kekurangan insulin, maka kadar glukosa dalam darah akan meningkat, dan peningkatan kadar glukosa ini adalah faktor risiko utama untuk berkembangnya diabetes.

BACA JUGA:Sering Dianggap Masalah Medis! Gali Makna Fenomena Tinnitus, Suara Berdenging di Telinga dalam Tradisi Islam

Oleh karena itu, sulfonilurea yang terkandung dalam undur-undur berperan sebagai agen oral hipoglikemik, yaitu zat yang berfungsi menurunkan kadar glukosa dalam darah pada pasien diabetes.

Namun, manfaat undur-undur untuk kesehatan tidak berhenti di situ. Selain mengandung sulfonilurea, undur-undur juga mengandung asam lemak Omega-3.

Asam lemak ini telah dikenal memiliki efek positif pada kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: