Nilai Atau Satuan Emas Bukan Hanya Suku dan Gram Saja Lho. Ada Yang Lebih Tinggi Lagi, Yuk Belajar...

Nilai Atau Satuan Emas Bukan Hanya Suku dan Gram Saja Lho. Ada Yang Lebih Tinggi Lagi, Yuk Belajar...

Ilustrasi koin emas bersatuan troyons.-FOTO : IST-

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE-Emas memang menjadi salah satu logam mulia di bumi. Namun tahukah kamu kalau emas tidak hanya bersatuan suku atau gram yang berada di pasaran bahkan toko emas. Sesuai perkembangan zaman, perdagangan emas semakin praktis dan di hitung dengan metode matematika jual beli di pasar bursa. Iko

 

Troy Ounce menjadi satuan yang dihitung demi pentingnya nilai logam mulia ini. Banyak negara di seluruh dunia biasanya menggunakan satuan ukur yang ditetapkan sebagai metrik. Kilogram atau gram yang menjadi satuan internasional. Untuk satuan berat masa. Suatu barang seperti daging, gula, biji bijian, biasanya menggunakan kilogram, gram dan ons.

 

Namun Troy ounce digunakan standar dari sistem metrik Amerika untuk menentukan bobot nilai tinggi logam mulia. Berat 1 Troy ounce sama dengan 31,1 gram. Sedangkan berat 1 ons menurut satuan internasional sama dengan 28,349 gram. 

BACA JUGA:Dapat!!! Empat Pelaku Perampokan Toko Emas di Pasar Inpres Pendopo, Ini Motifnya...

Sedangkan di Indonesia, 1 ons adalah 100 gram. Kok bisa ? Ternyata Indonesia mengikuti standar Belanda. Definisi kamus besar bahasa Indonesia, ons adalah (n) satuan ukuran berat (massa) seratus gram. Sedangkan di Wikipedia, versi 1 ons sama dengan 100 gram itu adalah versi satuan ukuran Belanda. 

 

Perbedaan lain yakni, Troy ons digunakan terutama untuk menimbang logam mulia, sedangkan ons standar digunakan untuk pengukuran sehari-hari. Troy ounce juga secara historis terhubung ke sistem moneter Romawi, sedangkan ounce berasal dari sistem avoirdupois.

BACA JUGA:Bursa Saham AS Bersiap Hadapi Keputusan Bank Sentral Federal Reserve, Bagaimana Persiapannya?

Berdasarkan sejarah, Troy ons juga digunakan sejak tahun 1400an di Inggris. Diakui secara resmi pada tahun 1527. Sistem satuan berat troy ini ternyata sudah digunakan di banyak bagian Eropa sebelum muncul sistem metric. Troy ons yang digunakan Amerika pada dasarnya sama dengan tory ons unit imperial Inggris. Hayooo... Jadi pilih ons atau Troy ons ? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: