Rupiah Senin Siang Melemah ke Rp15.414/USD; Dollar di Asia Terkoreksi ke 11 Minggu Terendah

Rupiah Senin Siang Melemah ke Rp15.414/USD; Dollar di Asia Terkoreksi ke 11 Minggu Terendah

Rupiah melemah terhadap dollar AS merupakan dampak tidak baik bagi pertumbuhan ekonomi. Pasalnya,dollar AS menjadi standar mata uang dunia meski masih kalah di bandung poundsterling dan mata uang negara Timur tengah-FOTO.NET-

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE-Dalam pergerakan pasar uang Senin siang ini (20/11), nilai tukar rupiah terhadap dollar terpantau melemah, melepaskan gain sesi paginya, sementara dollar AS di pasar Asia menurun setelah merosot di sesi global sebelumnya.

 

Rupiah terhadap dollar AS siang ini melemah 0,14% atau 21 poin ke level Rp 15.414 dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya di Rp 15.393. Rupiah terpantau dekat dengan level hampir 2 bulan tertingginya.

 

Analis Research Center melihat untuk hari ini perdagangan rupiah vs dollar dibuka melemah ke Rp 15.424 kemudian bergerak terkoreksi ke Rp15.445, dan terakhir siang ini WIB terpantau di posisi Rp 15.414.

BACA JUGA:Perjalanan Roller Coaster IHSG: Samuel Sekuritas Turunkan Target Menjadi 7.100 di Tengah Gejolak Global

Melemahnya rupiah terjadi sementara dollar AS di pasar uang Asia menurun setelah merosot di sesi global sebelumnya; tertekan ke 11 minggu terendahnya dalam sentimen kemungkinan the Fed memangkas bunga di tahun depan oleh melunaknya inflasi AS.

 

Indeks dollar, yang mengukur dollar terhadap keranjang enam mata uang saingan utamanya, siang hari WIB ini turun ke 103,66, dibandingkan level penutupan sesi sebelumnya di 103,81.

 

Sementara itu, IHSG Senin di akhir sesi pertama menguat 11,847 poin (0,17%) ke level 6.989,515, sedangkan bursa saham kawasan Asia umumnya mixed menguat di antara rilis China yang mempertahankan suku bunga pinjaman acuannya, serta mengikuti Wall Street yang di akhir pekan ditutup dalam gain yang signifikan.

BACA JUGA:Mencekam! Mahasiswi Meninggal saat Gugurkan Kandungan, Respons Cepat Polres Ogan Ilir, Proses Penyelidikan!

 

Analis Research Center melihat dollar AS terhadap rupiah hari ini menguat, dengan dollar di pasar Asia beranjak turun. Rupiah terhadap dollar seminggu ini terlihat akan berada dalam rentang antara Rp15.622 – Rp15.364.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: