Review Emas 2023 & Outlook Emas Dunia 2024 Mendatang.

Review Emas 2023 & Outlook Emas Dunia 2024 Mendatang.

Logam Mulia : Salah satu logam mulia di Bumi Emas menjadi hangat untuk diperbincangkan. Mulai dari harga, fruktuasi naik turun, sentimen pasar, hingga daya beli setiap kelas masyarakat -Foto.net-

Debat mengenai batas hutang AS.

Kasus krisis perbankan di AS dengan bankrutnya Silicon Valley Bank dan beberapa bank lainnya dan merembet sedikit ke Eropa.

Naiknya harga minyak mentah secara signifikan dari di bawah $80 menembus ke atas $80 karena pengumuman OPEC+ akan memangkas produksi lebih jauh.

Ekspektasi kemungkinan the Fed akan segera mengakhiri siklus pengetatan moneternya dengan berhenti menaikkan tingkat bunga setelah bulan Mei.

Lainnya.

Semua faktor di atas memiliki peran dalam membentuk harga emas sebagaimana adanya sekarang ini, dimana emas berhasil memasuki bulan Desember, bulan terakhir di tahun 2023 dengan kenaikan harga ke sekitar $2,050 an, bahkan sempat naik menembus resistance kuat pada level $2,100 ke sekitar $2,145 per troy ons pada tanggal 2 Desember 2023, meskipun setelah itu terkoreksi normal, turun kembali ke bawah $2,000 di sekitar $1,990 an pada tanggal 9 Desember 2023.

BACA JUGA:realme 12.12 Unbeatable Deals: Smartphone Terkini dengan Potongan Hingga 40% Mewarnai Momen Akhir Tahun!

Outlook Emas 2024

Untuk mengetahui outlook emas 2024, kita perlu memperhatikan serangkaian elemen yang bisa menggerakkan harga emas pada tahun 2024. Kita perlu melihat pada dolar AS, kesehatan ekonomi AS, tingkat inflasi, rencana moneter dari bank sentral AS, ketegangan geopolitik dan sentimen pasar pada umumnya.

 

Dibandingkan dengan assets berharga lainnya, dengan berjalannya waktu, emas cenderung berhasil mempertahankan nilainya dan dipandang sebagai alat investasi yang dipercaya yang dapat menyimpan nilainya.

BACA JUGA:Melonjak ke Langit, Harga Emas Antam Terjun Bebas ke Rp1,10 Juta per Gram!

Berikut faktor – faktor kunci yang bisa membentuk harga emas pada tahun 2024:

 

Dolar AS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: