Ganjar Pranowo Rencanakan Revitalisasi Peran BUMN dan Sinergitas dengan Swasta untuk Kurangi Monopoli

Ganjar Pranowo Rencanakan Revitalisasi Peran BUMN dan Sinergitas dengan Swasta untuk Kurangi Monopoli

Ganjar Pranowo Rencanakan Revitalisasi Peran BUMN dan Sinergitas dengan Swasta untuk Kurangi Monopoli-Foto:google/net-

Ganjar Pranowo Rencanakan Revitalisasi Peran BUMN dan Sinergitas dengan Swasta untuk Kurangi Monopoli

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengungkapkan rencananya untuk merevitalisasi peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan meningkatkan sinergitas dengan pengusaha swasta.

Hal ini dilakukan dengan tujuan mengurangi praktek monopoli yang seringkali dilakukan oleh perusahaan pelat merah.

Dalam konteks revitalisasi yang diusulkan oleh Ganjar, BUMN hanya boleh memiliki anak usaha. Artinya, perusahaan plat merah tidak diperbolehkan memiliki cucu atau bahkan cicit usaha.

Hal ini diutarakan Ganjar dalam Debat Dialog Capres Bersama Kadin, di mana ia menyatakan, "Tadi bicara monopoli, saya coba memahami memutar otak saya, ini kayaknya yang maksudnya BUMN punya cucu, punya anak, punya cicit, canggah, gantung siwur. Akhirnya swasta tidak ada peran."

BACA JUGA:MPStore (MPIX) Bersiap Hadapi Tantangan Pasca Umumkan IPO!

Ganjar menekankan bahwa perusahaan pelat merah seharusnya tidak beranak-pinak, terutama dalam menjalankan monopoli usaha.

Menurutnya, BUMN berperan sebagai pionir untuk sektor-sektor yang belum sepenuhnya digarap oleh pihak swasta dan memerlukan insentif dari pemerintah.

"BUMN itu masuk ketika yang lain belum siap masuk. Maka sebenarnya perannya sebagai pionir. Nanti kalau sudah, ini seperti stimulan saja.

Kalau sudah kita lepas. Kan sebenarnya negara enggak mencari uang, tugasnya negara adalah memfasilitasi," ungkap Ganjar.

BACA JUGA:Prabowo Subianto Membuka Suara Terkait Kinerja BUMN di Depan Pengusaha Swasta

Dia juga menyatakan bahwa langkah ini perlu diambil untuk menciptakan pemerataan kesempatan antara perusahaan milik negara dan perusahaan swasta dalam mendapatkan ceruk bisnis.

Ganjar menegaskan bahwa peran pemerintah melalui BUMN adalah membangun tata kelola yang baik dan menstimulasi agar proyek yang digarap dapat menggerakkan ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: