Bank DNAR dan BSWD Penuhi Aturan Free Float di Bursa Efek Indonesia, Yu di Cek!

Bank DNAR dan BSWD Penuhi Aturan Free Float di Bursa Efek Indonesia, Yu di Cek!

Bank DNAR dan BSWD Penuhi Aturan Free Float di Bursa Efek Indonesia, Yu di Cek!-Foto:google/net-

Bank DNAR dan BSWD Penuhi Aturan Free Float di Bursa Efek Indonesia, Yu di Cek!

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan bahwa beberapa bank, seperti PT Bank Oke Indonesia Tbk. (DNAR) dan PT Bank of India Indonesia Tbk. (BSWD), telah berhasil memenuhi aturan free float yang ditetapkan di pasar saham.

Free float, atau saham yang diperdagangkan secara bebas di pasar, menjadi fokus perhatian BEI untuk menjaga transparansi dan likuiditas di pasar modal.

Menurut Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Nyoman, perusahaan-perusahaan di BEI akan terus dipantau untuk memastikan pemenuhan aturan free float.

Nyoman menjelaskan bahwa BEI tidak hanya akan memeriksa persentase saham yang beredar, tetapi juga akan mengawasi tindakan korporasi dan shareholder action yang dilakukan oleh perusahaan.

BACA JUGA:Nilai Tukar Rupiah Melemah Pasca-Keputusan BI Tetapkan Suku Bunga Acuan di 6%

"Saat ini, Bursa ingin melihat emiten mana saja yang telah mencoba untuk melakukan tindakan korporasi, maupun shareholder action.

Misalnya, jika pemegang saham pengendali melakukan tindakan, sehingga pemenuhan atas free float dapat tercapai. Setelah itu, kami perhatikan kalau ada shareholder action, apa yang mereka lakukan," ujar Nyoman.

Nyoman menegaskan bahwa jika perusahaan melakukan aksi korporasi, perusahaan tersebut wajib memberikan laporan kepada BEI.

Sementara itu, shareholder action seperti penjualan saham di pasar untuk memenuhi persentase saham tertentu juga akan diawasi oleh Bursa.

BACA JUGA:Saham PMMP Turun Dalam Tarian Debat Cawapres: Strategi GK Hebat dan Doa Kaesang Pangarep Mewarnai!

"Kami lebih fokus pada substansinya. Apakah pihak-pihak itu dapat dikatakan bagian dari free float," tambahnya.

Salah satu contoh implementasi aturan free float terlihat pada DNAR dan BSWD. Dalam keterbukaan informasi BEI, pemilik saham pengendali DNAR dari Korea Selatan, APRO Financial Co., Ltd atau OK Next, telah menjual sebagian kepemilikan sahamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: