Harga Crude Palm Oil (CPO) Berpotensi Meningkat di Tengah Proyeksi Peningkatan Produksi dan Faktor Eksternal

Harga Crude Palm Oil (CPO) Berpotensi Meningkat di Tengah Proyeksi Peningkatan Produksi dan Faktor Eksternal

Harga Crude Palm Oil (CPO) Berpotensi Meningkat di Tengah Proyeksi Peningkatan Produksi dan Faktor Eksternal-Foto:google/net-

Harga Crude Palm Oil (CPO) Berpotensi Meningkat di Tengah Proyeksi Peningkatan Produksi dan Faktor Eksternal

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Harga crude palm oil (CPO) diperkirakan akan mengalami peningkatan pada tahun ini, menurut analis dari Samuel Sekuritas dan Phintraco Sekuritas.

Analis dari Samuel Sekuritas, Prasetya Gunadi, dan Tim Riset memberikan rating overweight untuk saham CPO, dengan proyeksi harga CPO domestik dapat naik hingga Rp12.000 per kg atau tumbuh sebesar 8%.

Mereka menyatakan bahwa fenomena El-nino pada tahun 2023 telah menyebabkan penurunan pasokan CPO, sementara pemulihan ekonomi global juga diyakini akan mendukung kenaikan harga.

Samuel Sekuritas juga memperhatikan penurunan biaya pupuk, salah satu pengeluaran terbesar emiten CPO pada tahun 2023, yang diperkirakan turun rata-rata 25% secara tahunan.

BACA JUGA:Melonjak di Bursa: PT Manggung Polahraya Tbk. Cetak Sejarah dengan Oversubscribed 1 Kali pada Listing Perdana!

Stabilitas geopolitik yang lebih baik dan peningkatan pasokan bahan baku pupuk menjadi faktor pendukung untuk proyeksi ini.

Oleh karena itu, Samuel Sekuritas mempertahankan rating overweight untuk sektor perkebunan kelapa sawit, mengingat prospeknya yang solid.

Investor disarankan untuk memilih perusahaan dengan potensi pertumbuhan produksi yang besar, terutama yang memiliki tanaman kelapa sawit dalam masa emas dan berusia muda.

Namun, analis juga mencatat adanya risiko dalam sektor perkebunan, termasuk fluktuasi harga CPO dan minyak nabati lainnya, serta perubahan regulasi yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan di sektor ini.

BACA JUGA:United Bike Meluncur ke IPO: Bersepeda Menuju Revolusi Mobilitas Berkelanjutan di Indonesia

Tim Riset Phintraco Sekuritas juga mengamini proyeksi kenaikan harga CPO di tahun ini.

Mereka menilai bahwa pemulihan ekonomi di negara-negara konsumen CPO, bersama dengan potensi gangguan produksi akibat dampak El Nino, dapat menjadi pendorong kenaikan harga CPO pada 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: