Gas Pol! Kabupaten Muara Enim Gandeng NMax Lawan Stunting: PKB/PLKB Siap 'Ngebut' Lawan Angka Stunting

Gas Pol! Kabupaten Muara Enim Gandeng NMax Lawan Stunting: PKB/PLKB Siap 'Ngebut' Lawan Angka Stunting

Kabupaten Muara Enim Gandeng NMax Lawan Stunting: PKB/PLKB Siap 'Ngebut' Lawan Angka Stunting-Foto: bacakoran.co/net-

Gas Pol! Kabupaten Muara Enim Gandeng NMax Lawan Stunting: PKB/PLKB Siap 'Ngebut' Lawan Angka Stunting

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, telah aktif mengambil langkah-langkah strategis dalam upaya menurunkan angka stunting di wilayahnya.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah pemberian sarana dan prasarana kepada petugas lapangan agar mereka dapat melaksanakan program-program kerja yang ditargetkan dengan lebih efektif.

Pada Jumat, 22 Maret 2024, Dinas Kepala Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Muara Enim menggelontorkan 40 unit sepeda motor kepada Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB).

Motor yang diberikan bukanlah motor biasa, melainkan motor dengan desain yang besar, yakni Yahmaha Nmax.

BACA JUGA:Banyuasin Kembali Buka Penerimaan CPNS dan PPPK 2024, Persiapkan dirimu dengan Baik!

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Sekda Muara Enim, Yulius, didampingi oleh Kepala Perwakilan BKKBN RI Provinsi Sumsel, Medi Herianto, dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Muara Enim, Rinaldo, kepada perwakilan PKB/PLKB DPPKB Muara Enim.

Medi Herianto dari BKKBN RI Provinsi Sumsel menyatakan bahwa bantuan motor NMax ini menunjukkan komitmen Pemkab Muara Enim dalam menangani masalah stunting, yang mungkin menjadi inovasi baru karena di daerah lain biasanya hanya diberikan motor biasa.

Menurut Medi Herianto, upaya penanganan stunting di Kabupaten Muara Enim dinilai cukup baik.

Ini terlihat dari berbagai upaya yang telah dilakukan, termasuk dalam hal bantuan sarana, prasarana, pengembangan SDM, dan program-program yang komprehensif dalam memerangi kasus stunting.

BACA JUGA:Banyuasin Optimalkan Pembinaan Statistik, Tantangan Data Sektoral Berkualitas 2024

Dengan fasilitas yang diberikan, tidak ada alasan bagi PKB/PLKB untuk tidak melaksanakan program pemerintah, terutama dalam upaya menurunkan angka stunting.

Target penurunan stunting secara nasional adalah sebesar 14 persen, sedangkan untuk Kabupaten Muara Enim, targetnya adalah 17 persen.

Meskipun angka stunting di Provinsi Sumatera Selatan naik menjadi sekitar 21 persen pada tahun 2023 dari sekitar 18 persen, Medi Herianto optimis bahwa Muara Enim dapat menurunkan angka stunting.

Sekda Muara Enim, Yulius Msi, menyatakan bahwa pemberian bantuan motor NMax ini adalah bentuk komitmen dan keseriusan Pemkab Muara Enim dalam mendukung program pemerintah, terutama dalam menangani stunting.

BACA JUGA:Pj Bupati Banyuasin dan Sekda Menggelar Safari Ramadhan, di Masjid Al-Muhajirin Kecamatan Betung

Dia menegaskan bahwa pihaknya akan terus memberikan dukungan maksimal dan komprehensif dalam penanganan stunting ini, serta berharap agar penerima bantuan dapat merawat kendaraan tersebut dengan baik dan meningkatkan kinerja mereka.

Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Muara Enim, Rinaldo SStp MSi, menambahkan bahwa program pemberian bantuan kendaraan roda dua NMax seharusnya dilaksanakan pada tahun 2023, namun tertunda karena adanya Pemilu.

Oleh karena itu, baru pada Maret 2024 ini program tersebut bisa direalisasikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: