Viral! Buaya Gigit Tali Kapal di Sungai Musi Palembang, Apa Kata BKSDA?

 Viral! Buaya Gigit Tali Kapal di Sungai Musi Palembang, Apa Kata BKSDA?

Viral! Buaya Gigit Tali Kapal di Sungai Musi Palembang, Apa Kata BKSDA?-Foto: google/net-

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Sebuah video yang menunjukkan seekor buaya menggigit tali kapal tongkang di Sungai Musi, Palembang, viral di media sosial, mengundang perhatian dan kekhawatiran warga sekitar.

Video yang dilaporkan oleh detikSumbagsel tersebut memperlihatkan buaya yang sedang mengapung mengikuti tali dari kapal tongkang batu bara menuju kapal tugboat, sambil menggigit tali dengan kuat.

Peristiwa yang terjadi pada Kamis, 25 Juli 2024, sore hari di sekitar Jembatan Musi II ini menarik perhatian banyak orang. Dalam rekaman video tersebut, terdengar perekam yang berkata, "Tontonan kita sore ini, guys," menunjukkan betapa langkanya kejadian ini bagi masyarakat setempat.

Meskipun petugas berusaha mengusir buaya tersebut dengan menggoyangkan tali, buaya itu tetap bertahan dan tidak melepaskan gigitannya.

BACA JUGA:Pj. Bupati Banyuasin Hadiri Rapat Koordinasi Aktivasi Posko Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Sumsel

BACA JUGA:Program TJSL di Laksanakan Demi Mengatasi Populasi Ikan Belida Terus Menurun di Sumatera Selatan!

Menanggapi kejadian ini, Kepala Resor Eksitu Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan, Anjas Tuberlani, mengatakan bahwa pihaknya sudah menerima laporan dari masyarakat.

"Kami sudah dapat laporan dari masyarakat mengenai dugaan adanya buaya yang menggigit tali kapal tongkang di sekitar Jembatan Musi II, Palembang. Akan kami periksa lokasinya," ujar Anjas pada Jumat, 26 Juli 2024.

Anjas juga menekankan bahwa BKSDA tidak akan melakukan penangkapan terhadap buaya tersebut. Menurutnya, Sungai Musi adalah habitat alami bagi buaya, dan menangkap mereka akan melanggar aturan konservasi.

"Kami menyalahi aturan kalau menangkap buaya-buaya di Sungai Musi. Karena kita yang beraktivitas di habitatnya. Lain cerita jika buayanya naik ke pemukiman atau menelan korban," tambahnya.

BACA JUGA:Menghadapi Pilkada 2024! KPU Banyuasin Ajak Media Pastikan Informasi Akurat Sampai ke Semua Lapisan Masyarakat

BACA JUGA:Pemerintah Kabupaten Banyuasin Gelar Sertijab dan Lepas Sambut Pj Bupati

Keberadaan buaya di Sungai Musi sebenarnya bukanlah hal baru. Sungai ini memang dikenal sebagai salah satu habitat alami bagi berbagai jenis satwa liar, termasuk buaya.

Namun, interaksi langsung antara manusia dan buaya seperti yang terlihat dalam video ini sangat jarang terjadi dan selalu menarik perhatian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: