Cek Yuk! Checklist Strategi Marketing UMKM 2025: 7 Langkah untuk Meningkatkan Penjualan!

Cek Yuk! Checklist Strategi Marketing UMKM 2025: 7 Langkah untuk Meningkatkan Penjualan!

Checklist Strategi Marketing UMKM 2025-Google : dok net-

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE- Tahun 2025 menjadi momentum penting bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk melakukan loncatan besar dalam penjualan dan eksistensi pasar. 

Di tengah persaingan yang semakin ketat serta meningkatnya penetrasi digital, UMKM dituntut tidak hanya berinovasi dalam produk, tetapi juga dalam strategi pemasaran.

Untuk itu, diperlukan pendekatan yang praktis dan langsung bisa diterapkan. 

Mari menyusun ulang strategi-strategi marketing UMKM ke dalam checklist 7 langkah yang actionable, sebagai panduan bagi para pelaku usaha agar lebih siap bersaing di era digital.

1. Kenali Target Pasar Secara Spesifik

Langkah pertama dan paling fundamental dalam strategi pemasaran adalah memahami dengan jelas siapa target pasar Anda. 

BACA JUGA:BRI Siapkan Rp3 Triliun untuk Buyback Saham, Cerminan Optimisme terhadap Kinerja Jangka Panjang

BACA JUGA:Intip Yuk! Strategi Penetapan Harga UMKM di 2025: Jangan Asal Murah, Harus Cerdas!

UMKM perlu mengidentifikasi siapa yang paling mungkin membeli produk mereka baik berdasarkan usia, gender, lokasi, hingga preferensi gaya hidup. 

Ini bisa dilakukan dengan riset sederhana melalui media sosial, survei pelanggan, atau bahkan observasi kompetitor. 

Semakin spesifik target pasar yang dituju, semakin tajam strategi pemasaran yang bisa diterapkan.

Checklist:

Sudah membuat profil customer ideal (buyer persona)?

Sudah mengetahui platform digital yang sering digunakan calon pelanggan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: