Tegas !, Meski Masuk Piala Dunia, Indonesia Sampai Kapanpun Tolak Lawan Israel.

Tegas !, Meski Masuk Piala Dunia, Indonesia Sampai Kapanpun Tolak Lawan Israel.

Piala Dunia memang menjadi ajang bergengsi bagi setiap negara peserta. Namun bila ada negara Israel ikut serta, banyak negara pula yang enggan bertemu dengan Israel. Bahkan relakan tiket piala dunia mereka.-FOTO : NET-

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE-Dampak besar layaknya perang dunia ke 3 membuat Indonesia khususnya timnas tidak ingin bermain main dengan Israel. Serangan Israel terhadap Palestina hingga saat ini masih terus berdatangan.  Alhasil, korban jiwa yang didominasi anak-anak pun sontak membuat banyak negara mendukung hingga membela Palestina. 

 

Bicara mengenai perlawanan terhadap Israel, ternyata sudah lama dilakukan oleh Indonesia. Apalagi, Indonesia memang tak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Hal ini juga pernah terjadi di dunia sepakbola. Timnas Indonesia ternyata pernah menolak menjadi lawan Timnas Israel. Bahkan keputusan ini membuat Skuad Garuda membuang peluang lolos ke Piala Dunia 1958.

 

Kala itu, Indonesia sukses melewati hadangan China di babak kualifikasi Piala Dunia zona Asia-Afrika putaran pertama. Indonesia sukses menekuk China 2-0 di Stadion Ikada, 12 Mei 1957, lalu takluk 3-4 dari China pada Xiannongtan Stadium, Beijing. Sementara itu, Israel lolos tanpa bertanding di putaran pertama, usai Turki mundur karena menolak bertanding di grup Asia.

 

Indonesia akhirnya menolak untuk melawan Israel karena alasan politis atas instruksi Presiden Soekarno. Skuad Merah Putih sempat meminta bertanding di tempat netral namun ditolak FIFA. 

BACA JUGA:Harus Dapat Poin, Bila Tidak Pecat Pelatih Kepala SFC

Selain Indonesia, ada 6 negara yang tolak lawan Israel. Bagi yang belum tahu Iran, Argentina, Mesir, Turki, Sudan sekalipun Indonesia sempat menolak melawan Israel. Tergabung dalam Konfederasi Sepakbola Eropa (UEFA) sejak tahun 1994 hingga sekarang. Timnas Israel kala itu pernah lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya pada 1970. 

 

Mereka juga memenangi Piala Asia 1964 sebelum dipaksa pindah ke UEFA. Sepanjang perjalanannya, Isreal pernah ditolak oleh sejumlah negara dalam beberapa pertandingan.

BACA JUGA:1 Bulan Perang Palestina-Israel, Korban Capai 9000 Jiwa

Sedikit informasi mengenai penolakan oleh timnas Argentina, Sebelum pentas di Piala Dunia 2018, Timnas Argentina akan menghadapi Israel di Yerusalem. Namun, Federasi Sepakbola Palestina dan masyarakat Palestina meminta Argentina membatalkan laga kontra Israel karena pertandingan digelar di wilayah mereka.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: